Selamat Datang di Situs Relasi Investor Watsons Indonesia
BAHASA INDONESIA

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Perseroan bangga melayani masyarakat Indonesia melalui aktivitas bisnis dan inisiatif-inisiatif lainnya. Menghadirkan produk dan jasa yang terpercaya kepada masyarakat lokal adalah hal yang fundamental untuk membangun bisnis yang berkelanjutan. Oleh karena itu Perseroan berkomitmen untuk menghadirkan dampak positif di setiap aspek operasionalnya, yang terwujud di dalam implementansi tanggung jawab sosial (“CSR”) di seluruh Perseroan untuk memastikan agar Perseroan secara aktif berkontribusi kepada masyarakat dan lingkungan dalam kegiatan operasionalnya.

Kebijakan CSR Perseroan dirumuskan berdasarkan empat pilar utama berikut:

Lingkungan Kerja

1. Keberagaman dan Kesetaraan Kesempatan
2. Pembelajaran dan Pengembangan
3. Apresiasi dan Pengakuan
4. Keterlibatan Karyawan
5. Kesehatan dan Keselamatan

Laman Pemasaran

1. Keterlibatan Pelanggan
2. Privasi Data Pelanggan
3. Produk dan Layanan
4. Manajemen Risiko Rantai Pasokan

Lingkungan Hidup

1. Kepatuhan
2. Kesadaran Karyawan
3. Utilitas Kantor
4. Limbah Kantor
5. Utilitas Gudang
6. Limbah Gudang
7. Tranportasi Hemat Energi
8. Manufaktur

Kemasyarakatan

1. Donasi dan Manufaktur
2. Pengembangan Masyarakat dan Kegiatan Sukarela

Dalam melaksanakan kegiatan CSR, Perseroan mengacu pada hukum dan peraturan yang berlaku, terutama UUPT, Undang-undang No. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal, dan Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas.
Pada tahun 2018, Perseroan telah membelanjakan lebih dari Rp 200 juta untuk aktivitas-aktivitas terkait CSR.
Tempat Kerja

Perseroan menjunjung tinggi prinsip kesetaraan dan menghargai setiap perbedaan di dalam Perseroan. Hal ini diwujudkan terutama dalam pembukaan peluang karier dan pengembangan kompetensi bagi karyawan, yang dilakukan secara berkala. Selain itu, Perseroan tidak mentoleransi segala bentuk diskriminasi terhadap atau antar sesama karyawan.

Terlebih lagi, menyadari bahwa keberhasilan sebuah bisnis sangat tergantung pada SDM, Perseroan mendorong seluruh karyawan untuk berpartisipasi dalam program pelatihan dan pengembangan yang diselenggarakan secara internal maupun eksternal. Perseroan memfokuskan program pelatihan pada pengembangan hard skill dan soft skill karyawan untuk meningkatkan kompetensi mereka.

Pada tahun 2018, Perseroan menyelenggarakan 14 program pengembangan bagi seluruh karyawan (termasuk manajer, supervisor dan staf umum). Program-program ini, dengan total lebih dari 23.277 jam pelatihan, dihadiri secara aktif oleh lebih dari 2.770 peserta.

Sebagai bagian dari apresiasi dan penghargaan atas kontribusi dan kerja keras karyawan, Perseroan memberikan paket remunerasi yang kompetitif.

Perseroan telah menyiapkan program keterlibatan karyawan yang akan memelihara dan memperkuat harmoni, kebersamaan dan kerjasama di antara karyawan pada semua unit kerja. Pada tahun 2018, selain acara apresiasi karyawan tahunan yang diselenggarakan untuk memberikan pengakuan kepada para karyawan dengan kinerja yang menonjol, Perseroan juga mengadakan berbagai aktivitas sosial bagi karyawan sebagai upaya untuk meningkatkan rasa kepemilikan mereka sekaligus kesehatan tubuh dan jiwa.

Dari segi kesehatan dan keselamatan karyawan, Perseroan senantiasa menggalakkan gaya hidup sehat di antara para karyawan. Selain mengikutsertakan seluruh karyawan dalam program jaminan kesehatan nasional (BPJS Kesehatan), Perseroan juga senantiasa memberikan pelatihan keselamatan kerja terhadap seluruh karyawan, termasuk menyelenggarakan pelatihan evakuasi sebagai bekal persiapan karyawan saat menghadapi situasi darurat. Pada tahun 2018, tidak ada kecelakaan terkait kerja yang dilaporkan oleh Perseroan.

Untuk setiap pengaduan terkait ketenagakerjaan, Perseroan telah menetapkan kebijakan tata kelola, di mana Departemen SDM mengelola mekanisme penanganan pengaduan. Setiap permasalahan terkait ketenagakerjaan akan dieskalasi ke manajemen Perseroan apabila diperlukan.

Investasi yang berkelanjutan pada karyawan dan komitmen Perseroan untuk membangun budaya perusahaan yang kuat, telah membuahkan hasil dengan terwujudnya tenaga kerja yang berkualitas tinggi, kompeten dan bermotivasi tinggi. Pada tahun 2018, tingkat karyawan yang mengundurkan diri dari Perseroan berada pada angka di bawah 2%.

Laman Pemasaran

Melalui pilar ini, Perseroan memenuhi tanggung jawab dan mewujudkan komitmennya dalam memberikan layanan dan produk unggulan kepada konsumen. Pada praktiknya, Perseroan senantiasa berusaha untuk memastikan ketersediaan berbagai macam produk, terutama produk-produk laris demi memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang. Sementara itu, para karyawan juga terus berupaya mengoptimalkan asistensi dan pelayanan kepada para konsumen melalui pemahaman produk yang mereka miliki.

Perseroan juga memiliki platform email dengan alamat customerservice@watsons.co.id sebagai akses bagi konsumen untuk menyampaikan saran, keluhan, atau pertanyaan terkait layanan atau produk Perseroan. Setiap masukan akan ditangani secara cepat dan profesional oleh tim pelayanan konsumen dan/atau unit bisnis terkait. Saat ini, Perseroan telah menerapkan pusat layanan panggilan selama jam kerja kantor guna memfasilitasi komunikasi yang lebih baik bagi para konsumen.

Lingkungan Hidup

Berlandaskan komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan hidup, Perseroan secara konsisten berupaya untuk mengatasi dampak lingkungan melalui upaya pelestarian secara menyeluruh di setiap aktivitas bisnis, baik di gerai maupun di lingkup kantor.

Pada praktiknya, Perseroan mendorong kesadaran akan lingkungan oleh karyawan melalui penekanan penggunaan sumber daya secara efisien.

Untuk meminimalisasi jumlah limbah yang dihasilkan dalam kegiatan operasional, Perseroan mengurangi penggunaan kantong plastik di seluruh gerai sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO).

Langkah lain yang diupayakan Perseroan untuk meminimalisasi dampak lingkungan adalah dengan menerapkan sistem pengelolaan limbah, terutama limbah gudang, untuk mengurangi limbah yang dihasilkan dan memastikan pembuangan limbah dan sampah telah dilakukan dengan sebagaimana mestinya. Untuk memastikan efektivitas sistem pengelolaan tersebut, Perseroan bekerja sama dengan penyedia jasa yang bergerak di bidang pengelolaan limbah dimana menyediakan wadah khusus untuk pembuangan limbah.

Kemasyarakatan

Demi memajukan perkembangan masyarakat di Indonesia, sekaligus mengurangi tingkat pengangguran, Perseroan mengutamakan perekrutan tenaga kerja Indonesia dalam mendukung kegiatan operasionalnya. Selain itu, Perseroan juga mendukung kebijakan bebas korupsi di Indonesia dengan mewajibkan seluruh pemasok untuk menandatangani kontrak antisuap demi memastikan hubungan kerja sama dan perilaku bisnis yang sehat. Dari sisi internal, Perseroan menyelenggarakan pelatihan berkala mengenai anti-suap dan anti-korupsi untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman karyawan terhadap praktik-praktik sejenis.

Aktivitas-aktivitas berikut ini dilaksanakan oleh Perseroan pada tahun 2018 yang membawa manfaat bagi masyarakat lokal:

- Pada tanggal 6 Juni 2018, acara buka puasa diadakan bersama-sama dengan anak-anak Panti Asuhan Muslimin Jaya Tebet untuk berbagi kebersamaan dan kebahagiaan dalam bulan suci Ramadan. Acara ini dihadiri oleh 180 karyawan dan anak-anak.

- Pada tanggal 2 November 2018, diadakan Pengenalan Kesehatan Mulut dan Gigi untuk 200 pelajar SDN 01 Menteng Dalam untuk memberikan pengetahuan tentang kesehatan gigi serta meningkatkan kesadaran mereka tentang pentingnya memiliki gaya hidup yang sehat.

- Pada tanggal 21 Desember 2018, para sukarelawan Perseroan menyediakan waktu untuk merayakan Natal bersama-sama dengan para lanjut usia di Panti Werdha Wisma Mulia, di mana lebih dari 130 karyawan dan para lanjut usia berbagi kebahagiaan dan berkat Natal.